NAMA Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group Tony Fernandes masuk dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh didunia yang rilis majalah TIME. Dalam daftar itu juga masuk nama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Kali ini, hanya dua nama asal Asia Tenggara yang berhasil masuk dalam daftar tersebut.

“Saya sangat terkejut ketika pertama kali mendengar berita tersebut, tetapi sekaligus bangga,” kata Tony Fernandes dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 17 April 2015.

Ini tahun paling menantang bagi Tony. Rencananya kali ini ia akan lebih memfokuskan perhatian pada bisnis inti Air Asia. seluruh pekerjaan yang kami lakukan di AirAsia dan Tune Group dapat menciptakan dan menginspirasi generasi wirausawahan serta pemilik UKM di Asean.

“Kami akan berkomitmen untuk menghadirkan produk bernilai tinggi dan melakukan ekspansi jaringan di Asean dan kawasan lain,” imbuhnya.

Tony Fernandes dan rekannya Kamarudin Bin Meranun mulai membangun AirAsia sejak 2001. Kala itu ia resmi membeli perusahaan yang rugi dari pemerintah Malaysia seharga 1 ringgit atau sekitar US$0.30 dan beban utang sebesar US$11 juta.

Kini, AirAsia berhasil menjadi maskapai berbiaya murah terbesar di Asia dengan jangkauan lebih dari 190 kota. Dalam waktu 13 tahun beroperasi, AirAsia telah menerbangkan lebih dari 280 juta pelanggan di Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, India.(kontan.co.id)