MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan bahwa pemerintah akan mulai membangun jalur transportasi Trans Sumatera. Sebagai prioritas, tahun ini kementeriannya akan melaksanakan pembangunan empat ruas tol di wilayah Sumatera.

“Di luar Jawa, untuk Trans Sumatera, rencananya tahun ini akan ada empat ruas tol yang mulai dibangun,” ujar Basuki saat menjadi narasumber dalam diskusi Teraskita di FX Life Style Center, Jakarta, Sabtu 25 April 2015.

Ada pun keempat ruas tol tersebut terdiri dari, Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, Riau-Dumai, dan Medan-Binjai.

Kementerian PU sendiri, menurut Basuki, telah memberikan penugasan kepada perusahaan BUMN untuk melakukan pekerjaan pembangunan.

Sementara itu, untuk jalan non-tol, Basuki mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan kapan perbaikan akan dilakukan. Pasalnya, panjang jalan di Sumatera, jaraknya melebihi 2.800 kilometer. Sehingga, untuk memulai pembangunan, diperlukan anggaran yang cukup besar.

“Di Sumatera kalau yang non-tol, ada di Lintas Barat, Lintas Tengah, dan Lintas Timur. Memang yang Timur lebih sering digunakan untuk mendukung perekonomian. Kondisinya juga relatif lebih stabil dan lebih baik, sehingga masih bisa digunakan,” kata Basuki.(kompas.com)