PRODUSEN truk Freightliner mendapat izin uji coba jalan dengan kendali otomatis di negara bagian Nevada, Amerika Serikat. Uji coba akan dilakukan di jalan umum.

Supir yang membawa truk tersebut tetap harus memiliki SIM yang sesuai, namun truk Frieightliner Inspiration dirancang dan dilengkapi alat untuk bisa mengendalikan dirinya sendiri di beberapa ruas tol antar negara bagian yang ditunjuk.

Saat ini baru ada dua truk sejenis yang berteknologi autonomous driving. Supir tetap disyaratkan memegang kendali penuh saat truk berada di tengah kota dan pinggiran kota.

Truk Freightliner bisa tetap berada di jalurnya dan menghindari tabrakan dengan kendaraan lain tanpa input dari supir. Sensor radar dan kamera berfungsi untuk mengawasi jalur dan kondisi lalu lintas sekitarnya.

Freightliner adalah anak perusahaan Daimler AG, yang dikenal sebagai produsen merk mobil mewah Mercedes-Benz. Mercedes sendiri telah menguji mobil jenis self-driving miliknya.

Truk dengan teknologi seperti ini bisa mengurangi kelelahan pengemudi dan membuatnya lebih produktif, kata para eksekutif Freightliner. Saat truk berada di jalan tol, pengemudi bisa melakukan tugas lain seperti mencatat atau merencanakan perjalanan berikutnya.

Jika berjalan dalam konvoi truk-truk sejenis, hal ini bisa lebih menghemat bahan bakar. Dalam skenario ini, truk-truk self-driving beriringan dalam jarak dekat di belakang truk pemimpin konvoi dan saling berkomunikasi secara elektronik.

Secara areodinamika akan muncul keuntungan besar karena hanya truk terdepan yang menabrak halangan udara terbesar sementara konvoi di belakangnya terbungkus dalam semacam gelembung yang diciptakan oleh truk di depan. (CNN Money/beritasatu.com)

Lihat videonya di sini —> VIDEO: Uji Coba Truk Kendali Otomatis