SONY menyiapkan telepon pintar kategori kelas menengah bagi pencinta selfie alias memotret diri sendiri. Ponsel bernama Xperia C4 ini dilengkapi fitur PROselfie pada kamera utama dan depan.

“Xperia C4 melanjutkan kesuksesan Xperia C3,” ujar Vice President Business Management Sony Mobile Tom McNulty kepada situs PC Advisor, Jumat, 8 Mei 2015.

Xperia C3 adalah ponsel kelas menengah dengan layar 5,5 inci. Kekuatan kamera utamanya 8 megapiksel, sedangkan kamera depannya 5 megapiksel. Di situs Lazada, harga satu unitnya Rp 3,39 juta.

Adapun Xperia C4 juga memiliki layar 5,5 inci. Resolusi kamera utamanya 13 megapiksel, sedangkan kamera depannya 5 megapiksel. Terdapat teknologi wide angle yang menghasilkan gambar dengan sudut pandang luas.

Prosesornya menggunakan octa-core buatan MediaTek berarsitektur 64-bit. Sedangkan kecepatan RAM-nya 2 gigabita. Memori internalnya dapat menampung file berukuran hingga 16 gigabita, yang dapat ditingkatkan sampai 128 gigabita melaui microSD.

Sistem operasi yang dibenamkan yakni Android 5.0 atau Lollipop. Konektivitasnya ditunjang oleh Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC. Ponsel ini tersedia dengan pilihan dobel kartu SIM atau dual SIM card. “Xperia C4 sudah dapat beroperasi di jaringan 4G,” ujar PC Advisor.

Sony mengatakan Xperia C4 dibanderol seharga 329 pound sterling atau sekitar Rp 6,6 juta. Gawai ini siap dipasarkan mulai Juni mendatang di Inggris. Belum disebutkan kapan Xperia C4 menyambangi pasar global.

Sony diperkirakan menghadapi persaingan yang sangat ketat. Sebab perusahaan asal Jepang ini dihadapkan pada menjamurnya merek ponsel pintar buatan Cina. Xiaomi, Huawei, dan ZTE adalah perusahaan asal Negeri Tirai Bambu yang tengah agresif menawarkan produk berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau.(tempo.co)