Pesona Pulau Gosong di Aceh Barat Daya

0
1160
Pulau Gosong salah satu lokasi wisata di Abdya
Pulau Gosong salah satu lokasi wisata di Abdya

Pulau Gosong salah satu lokasi wisata di Abdya

Hawa di dermaga Pantai Ujong Serangga, Gampong Padang Baru, Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya), terasa mulai gerah, Sabtu 7 Juni 2014.

Padahal, hari masih pagi. Jam menunjukkan pukul 08.30 WIB.

Namun, kegerahan ini akan terbayar lunas apabila mata menumpang pandang ke laut lepas. Di Samudera Hindia yang terbentang luas, terlihat sebuah pulau kecil.

Kala cuaca cerah, dari dermaga terlihat pulau dalam satu kepalan tangan. Gerombol pucuk cemara menjadi penanda keberadaannya.

Pulau itu acapkali disebut Pulau Gosong. Tidak jelas kenapa dinamakan demikian. Hanya saja, ada pameo bila berkunjung ke sana kulit kita akan gosong akibat terbakar terik matahari.

Sebagian warga Aceh Barat Daya juga menyebutnya Pulau Pusong.

Luas Pulau Gosong sedikit lebih jembar dari dua lapangan voli. Di bibir pantainya bertabur pasir putih.

Pulau Gosong atau Pusong
Pulau Gosong atau Pusong @google map

Keragaman Terumbu Karang

Di samping itu, pulau mungil tersebut juga menyimpan sejuta pesona bawah laut yang kaya akan jenis terumbu karang. Sebagian dari terumbu karang tersebut berwarna kebiru-biruan.

Menikmati bawah laut Pulau Gosong akan menjadi pilihan menarik untuk liburan. Namun, di sini tidak ada kedai khusus yang menyewakan alat selam maupun warung tempat menjual makanan.

Oleh karena itu, pesona Pulau Gosong Abdya masih alami hingga hari ini.

“Terumbu karang, ikan-ikan karang yang cantik bisa dilihat di bawah sana,” tutur Saleh Amin, seorang penyelam yang pernah mengeksplorasi bawah laut Pulau Gosong pada 25 April 2014.

Bersama beberapa penyelam, Saleh menemukan sejak di kedalaman tujuh hingga delapan meter di seulingka pulau tersebut tumbuh beragam karang.

Dia belum sempat menjelajahi semua paparan karang.

“Di kedalaman 20 meter ada lokasi yang bernama ‘lapangan karang mawar’. Saya sendiri belum sampai ke situ,” ujar Saleh.

Ia yakin, masih ada beberapa lokasi di sekitar pulau tersebut yang masih menyimpan misteri keindahan terumbu karang.

Selain terumbu karang, pasir putih, dan jejeran cemara, dari Gosong kita juga bisa menikmati pegunungan Leuser yang membentang di kejauhan serta garis pantai dari Manggeng hingga Kuala Batee.

Sungguh melenakan mata dan jiwa.

Leuser sendiri adalah gunung tertinggi di Aceh yang salah satu sisinya berada di sempadan Aceh Barat Daya dengan kabupaten tetangga seperti Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

Untuk mencapai Gosong, salah satu titik tolaknya adalah Dermaga Ujong Serangga. Jarak dari dermaga ke pulau sekitar satu kilometer.

Tidak ada transportasi khusus ke sana. Bila ingin menyambanginya, cukup menyewa perahu nelayan sekitar Rp150 ribu untuk tarif pulang pergi.

Sebuah perahu hanya bisa memuat 15 penumpang. Para nelayan akan mengantar wisatawan ke Pulau Pusong yang secara administratif berada di wilayah Gampong Sangkalan, Susoh.

Bagaimana, tertarik mengunjunginya?

Nasruddin Muhammad Jalil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.