PUASA yang dilakukan selama bulan Ramadan ini termasuk lumayan ketat mengingat kita harus berpuasa selama 13 – 14 jam dalam sehari. Agar mendapatkan nutrisi yang cukup dan kesehatan yang baik selama satu bulan ini, ikuti saran-saran berikut :
Sebelum berpuasa, konsultasikan kondisi kesehatan dengan dokter atau konsultan pribadi Anda apakah tubuh Anda dalam keadaan sehat dan siap untuk berpuasa.
Susunlah jadwal kegiatan yang akan dilakukan dan waktu makan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi dan istirahat yang dibutuhkan.
Jangan lupa sahur. Tapi ingat, jangan makan terlalu banyak. Konsumsilah makanan yang kaya karbohidrat dan protein, buah atau sayur, dan air putih.
Jika cuaca sangat panas, usahakan untuk berada di tempat tertutup yang sejuk atau kurangi aktivitas fisik Anda. Beristirahatlah jika memang memungkinkan.
Ikuti sunnah, berbukalah dengan kurma, susu, air, atau jus buah. Setelah sholat maghrib, lanjutkan dengan mengkonsumsi sop dan biskuit.
Hindari meminum teh, kopi, dan minuman bersoda saat berbuka.
Atur menu makan malam yang sehat dan seimbang, jangan terlalu banyak, dan pastikan Anda mengkonsumsi cairan yang cukup.
Ganti makanan pencuci mulut dengan buah dan kacang-kacangan. Makanan ini lebih baik dan menyehatkan dibanding cokelat dan permen.
Siapkan botol berisi 2 liter (8 gelas) air di dekat kasur agar Anda meminumnya sebelum tidur dan jika terbangun Anda tidak akan malas untuk meminumnya sampai habis.
Olahraga ringan, seperti berjalan selama 15-20 menit sangat baik dilakukan ketika sore hari.
Hindari konsumsi makanan yang digoreng dan pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan perut mulas.
Sikat gigi dan lidah secara teratur.
Cuci tangan secara teratur dan hindari orang-orang yang batuk atau bersin.
Atur jadwal kegiatan Anda sehingga dapat beristirahat dengan cukup.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Masukkan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.