ALIH status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), segera terwujud. Kepastian ini disampaikan dalam rapat koordinasi pimpinan perguruan tinggi bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

“Rencananya akan dilaksanakan usai Pemilihan Umum mendatang,” ungkap Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Inayatillah usai memaparkan kesiapan alih status. Adapun unsur pimpinan perguruan tinggi yang juga hadir dalam rapat koordinasi tersebut yaitu Ketua STAIN Sorong Hamzah, Ketua STAIN Bengkalis Samsul Nizar, dan Ketua STAIN Takengon Zulkarnain.

Menurut Inayatillah, STAIN Teungku Dirundeng akan dialihkan status menjadi IAIN bersama dengan tiga STAIN lainnya. Ia berharap hal ini dapat dijadikan semangat seluruh sivitas akademika untuk terus menciptakan perubahan-perubahan ke arah lebih baik. “Menjadi IAIN bukan hanya keinginan sivitas akademika, akan tetapi merupakan keinginan masyarakat Aceh khususnya kawasan Barat-Selatan,” ujarnya.

Inayatillah mengatakan, peralihan status kampus harus disertai dengan peningkatan kualitas tata kelola perguruan tinggi dalam memberikan pelayanan pelayanan akademik. “Kita bertekad untuk terus melakukan pembangunan sarana, prasarana dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, demi menghasilkan lulusan yang berkualitas.”

Kepala Bagian Akademik STAIN Suharman yang juga ikut dengan rombongan ke Jakarta mengatakan, persiapan alih status tinggal menunggu visitasi atau kunjungan dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Setelah Pemilu nanti, kata dia, STAIN yang saat ini beroperasi di Jalan Sisingamangaraja, Gampa Meulaboh, akan segera menggunakan gedung baru di kawasan Alue Peunyareng, Meureubo, Aceh Barat. Pembangunan gedung baru dipastikan rampung dalam waktu dekat. “Mohon doa dan dukungan semua pihak sehingga proses alih status dan pindah ke gedung baru segera terlaksana. Insya Allah, tahun ini jadi IAIN.”[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Masukkan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.