Usir Kecoa dari Rumah dengan 8 Jenis Tanaman Ini

0
24
Usir Kecoa dari Rumah dengan 8 Jenis Tanaman Ini
Ilustrasi Kecoa/Pixabay

Sigupai.com – Kecoa adalah binatang menyebalkan. Diusir satu datang seribu, begitulah kira-kira. Menurut wikipedia, binatang yang juga dikenal dengan nama lipas atau coro ini salah satu ordo serangga (Blattodea) hemimetabola yang berasal dari kelas Insecta.

Kecoa terdapat hampir di seluruh belahan bumi, kecuali di wilayah kutub. Kecoa memiliki hubungan dekat dengan belalang sentadu dan rayap.

Binatang ini menyukai area gelap, berventilasi buruk, lembab, sempit, dan berantakan. Jadi kalau rumah sahabat termasuk dalam salah satu habitat yang disukai kecoa, pasrah saja ya. Kecoa tidak akan pernah pergi dari rumahmu.

Mau membasmi dengan semprotan anti serangga? Boleh-boleh saja. Tapi, cara ini tidak terlalu baik bagi kesehatan. Bukan hanya kecoa yang akan menghirupnya tapi sahabat juga.

Terus gimana, dong? Tenang, ada cara bijak untuk mengusir kecoa dari rumah yang lebih ramah lingkungan: usir kecoa dengan tanaman. Berikut ini delapan tanaman yang ampuh sebagai pengusir kecoa.

1. Catnip

Catnip sangat baik dalam mengusir kecoa dan banyak serangga lainnya seperti semut, kumbang kutu, kumbang, dan banyak lagi. Yang perlu sahabat lakukan hanyalah menanam banyak catnip di sekitar rumah. Tanaman ini akan melindungi rumah dari serangan kecoa dan menjaganya tetap bebas serangga. Sahabat juga dapat menanamnya di taman dalam ruangan dan membiarkannya bekerja dengan ajaib.

2. Daun salam

Daun salam bagian dari bumbu dapur tapi dapat juga bekerja dengan sangat baik dalam membasmi kecoa, serangga, dan tikus. Tanam daun salam di sekitar rumah dan halaman belakang. Daun salam sangat kuat, bahkan jika sahabat tidak bisa menanamnya, bisa menggunakan daun kering untuk mengusir hama.

3. Krisan

Jika sahabat menginginkan tanaman multitalenta yang tidak hanya dapat mengusir kecoa, tetapi juga memberikan keindahan yang indah pada taman, krisan jawabannya. Krisan selain sangat cantik dapat mengusir kecoa dan banyak serangga lainnya termasuk kutu, tungau, serta banyak lagi.

4. Pohon jeruk osage

Pohon jeruk osage terkenal dengan bentuk buahnya yang tidak biasa. Menanam pohon ini di taman rumah akan mengusir semua jenis kecoa dan menjaga rumah tetap bersih serta aman. Selain itu, buahnya sangat bagus untuk membasmi hama. Pohon jeruk osage juga dapat digunakan untuk mengekstrak minyak yang dapat digunakan di dalam ruangan untuk menghilangkan kecoa.

5. Serai

Sereh atau serai satu tanaman pengusir serangga tertua. Kecoa dan berbagai serangga lainnya sangat membenci tanaman ini. Sereh terlihat seperti rumput besar dan indah dan dapat dengan mudah ditanam di teras serta hamparan bunga. Tanaman sereh tidak hanya akan terlihat sangat bergaya, tetapi juga membantu menyingkirkan semua kecoa dan serangga dari rumah.

6. Mentimun

Kecoa sangat membenci bau mentimun dan akan lari begitu saja saat bersentuhan. Membiarkan kulit mentimun di sudut ruangan lebih efektif, tetapi tidak higienis dan aman. Tanam mentimun di sekitar rumah, baik di balkon, halaman belakang, dan teras untuk memastikan baunya menyebar ke dalam rumah. Tidak hanya akan mencegah kecoa, mentimun juga membasmi banyak serangga lainnya.

7. Bawang putih

Bumbu dapur ini memiliki bau menyengat sangat khas yang mampu mengusir kecoa dan banyak serangga lain. Bawang putih cincang segar paling baik digunakan walaupun baunya terlalu menyengat buat manusia. Pilihan lainnya, menanam bawang putih di area taman atau kebun. Tanam bawang putih di balkon atau teras.

8. Peppermint

Terakhir, ada peppermint dalam daftar delapan tanaman pengusir kecoa. Peppermint memiliki aroma yang kuat yang bagus untuk mengusir serangga. Kecoa, kutu daun, ngengat, dan kumbang menghindari tanaman ini. Karena tanaman ini cepat menyebar. tanam peppermint dalam wadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.