Teknik Menyiram Tanaman Cabai agar Subur dan Berbuah Lebat

0
58
Teknik Menyiram Tanaman Cabai agar Subur dan Berbuah Lebat
Ilustrasi Cabai/Pixabay

Sigupai.com – Teknik penyiraman tanaman cabai penting untuk diketahui karena kegiatan menyiram hal yang penting dalam proses pendewasaan tanaman.

Perlu Sahabat Sigupai ketahui penyiraman terhadap tanaman cabai tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada kiat khusus yang perlu diterapkan.

Memang, tidak sedikit orang yang membudidayakan cabai keliru atau kurang tepat dalam menyirami tanaman miliknya.

Lantas bagaimana teknik menyiram tanaman cabai dengan benar? Dilihat dari Channel Youtube Dari Kami Untuk Kamu, cabai tidak boleh asal disiram menggunakan air dari selang.

Dalam video tersebut, Sagio, selaku praktisi pertanian menyampaikan penyiraman sangat penting pada tanaman cabai di pot maupun polybag.

“Biasanya ketika melakukan penyiraman, itu kurang pas, ada yang pakai selang langsung dikocor ke pohon, terus ada yang dikocor di batang, itu sebenarnya kurang pas,” jelas Sagio.

Teknik penyiraman tanaman cabai dengan langsung menyemprotkan air dari selang—apalagi jika semprotan air kencang, bisa merusakkan media tanah.

Selain boros air, teknik penyiraman tanaman cabai seperti itu akan membuat tanaman rebah. Bunga-bunga yang mungkin calon tumbuh buah cabai juga bisa rontok.

Sagio pun mempraktikkan teknik penyiraman tanaman cabai yang baik dan benar agar tidak merusak tanaman dan menghemat air.

Untuk menyiram tanaman cabai di pot berukuran diameter 30-40 cm, sahabat perlu menyiapkan air dalam ember.

Selanjutnya, potong botol plastik air minum kemasan 1,5 liter menjadi dua bagian, yang diperuntukkan sebagai wadah pengocoran air ke tanaman.

Jika botol plastik telah terpotong menjadi dua bagian, gunakan untuk mengambil air yang ada di ember. Lalu, siramkan air pada media tanam atau ke dalam pot, dekat dengan akar tanaman cabai.

Siramkan air ke tanaman cabai hampir mengelilingi pot. Air yang digunakan untuk menyiram tanaman cabai di pot cukup sebanyak 500 ml atau botol plastik air mineral ukuran 1,5 liter.

Baca Juga: Vas Bunga dari Botol Bekas

Lakukan teknik penyiraman tanaman cabai yang satu ini sehari sekali saat pagi.

Selain teknik itu, Sadio menganjurkan penyiraman bagian atas tanaman cabai menggunakan ceret penyiram. Siram secara keseluruhan menggunakan ceret penyiram agar tanaman cabai tetap segar dan melarutkan hama-hama. Cara ini tidak membuang banyak air.

Lakukan teknik penyiraman ini sepekan dua kali saat pagi karena stomata tanaman cabai terbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.