Simak 9 Tips Cara Meminimalisir Debu di Rumah

0
32
Simak 9 Tips Cara Meminimalisir Debu di Rumah
Ilustrasi sofa di rumah/Pixabay

Sigupai.com – Rumah tanpa debu sepertinya impian semua orang karena kini rumah bukan lagi menjadi tempat yang sekadar untuk berteduh atau pulang. Semenjak pandemi corona, banyak orang dipaksa #stayathome alias tetap di rumah agar aman dari serangan virus.

Bahkan, banyak kantor memberlakukan WFH atau Work From Home. Siswa-siswa juga belajar daring. Jadinya, segala pekerjaan di kantor dan mata pelajaran kini dikerjakan dari rumah.

Tak pelak, rumah pun menjelma menjadi sekolah, kantor, bahkan tempat untuk berlibur karena orang menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Namun, padatnya aktivitas di rumah berisiko menambah kesumpekan karena begitu banyak orang berjejalan. Akibatnya, debu makin banyak jika luput dibersihkan sehari saja.

Bagaimana cara menghadirkan rumah sehat dan bersih tanpa debu? Berikut 9 tips meminimalisir debu di rumah seperti dilansir dari Reader’s Digest:

1. Menutup jendela

Membuka jendela memang dianjurkan agar adanya sirkulasi udara yang baik. Namun, bila Sahabat Sigupai tinggal di dekat jalan raya, ada baiknya jendela rumah tidak dibuka terlalu lama. Soalnya, bersamaan dengan angin yang sepoi-sepoi, terbawa pula debu dan kotoran yang tak terlihat mata. Jendela boleh sering dibuka asalkan rumah sahabat memiliki halaman berisi tanaman-tanaman yang bisa mencegah debu.

2. Mencuci bantal secara teratur

Bantal di kamar tidur maupun sofa ruang tamu atau ruang keluarga wajib dicuci secara teratur. Bantal dapat dipenuhi minyak, kotoran, dan debu yang menempel. Jika tidak dicuci secara teratur, bayangkan betapa banyak debu, minyak, dan kotoran yang menempel di tubuh dan wajah kita saban memakainya.

3. Rajin mengepel lantai

Lantai rumah salah satu tempat bersarangnya debu. Jika memungkinkan, cobalah mengepel lantai rumah sahabat minimal satu hari sekali. Sapu atau bersihkan lantai dengan vakum terlebih dahulu, lalu pel lantai dengan cairan pembersih.

4. Jemur permadani atau karpet

Serat karpet tempat berkumpulnya debu. Ada baiknya rutin menjemur karpet di luar rumah, lalu kibaskan atau pukul-pukul sebentar agar kotoran dan debu yang menempel ikut terhempas. Sahabat juga disarankan mencuci karpet secara rutin guna menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel di sana.

5. Manfaatkan mikrofiber

Jika sahabat tidak ingin menutup jendela, manfaatkan gorden atau mikrofiber untuk menghalangi debu masuk ke rumah. Kain mikrofiber bahan yang baik untuk memerangkap debu.

6. Pasang keset depan pintu rumah

Siapa pun yang datang harus membersihkan kaki terlebih dahulu sebelum masuk rumah. Agar lebih efektif, sahabat dapat memasang dua keset. Satu di luar dan satu lagi tepat depan pintu di dalam rumah.

7. Jangan pakai sepatu di dalam rumah

Bagi kebanyakan orang Indonesia, memakai alas kaki seperti sepatu dan sandal di dalam rumah bukan sebuah budaya. Namun, ada baiknya sahabat memastikan setiap tamu yang datang tidak “melanggar” budaya tersebut. Hal ini untuk mengurangi bertambahnya pasokan debu dari luar masuk ke rumah. Sepatu dan sandal yang digunakan dari luar rumah, membawa debu dan kotoran yang menempel, bahkan bakteri.

8. Belilah alat pembersih udara

Partikel debu yang masih berada di udara, pasti akan mendarat di berbagai tempat atau benda. Untuk itu, sebelum partikel-partikel debu tersebut mengendap di suatu barang, ada baiknya menggunakan alat pembersih udara. Misalnya, filter HEPA yang dapat menghilangkan setidaknya 99,97 persen debu, serbuk sari, jamur, bakteri, dan partikel di udara dengan ukuran 0,3 mikron.

9. Bersihkan langit-langit rumah

Langit-langit rumah seringkali terabaikan karena letaknya yang tinggi. Sehingga jarang tersentuh dan terjangkau. Tetapi, sahabat tidak boleh membiarkan debu menempel dan mengendap di sana. Jangan malas. Ambil tangga dan gunakan sikat lembut atau penyedot debu. Atau bisa juga dengan metode lain yakni memasang kain mikrofiber ke sapu dengan menggunakan karet gelang.

Semoga sembilan tips di atas dapat membantu sahabat menciptakan rumah tanpa debu. Rumah harus senantiasa sehat dan bersih agar kesehatan para penghuninya tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.