Tips Merawat Bunga Cendrawasih, Tanaman Eksotis Asal Afrika

0
24
Tips Merawat Bunga Cendrawasih, Tanaman Eksotis Asal Afrika
Bunga Cendrawasih/Pixabay

Sigupai.com – Bunga Cendrawasih atau Bunga Burung Surga yang juga dikenal dengan nama botaninya Strelitzia, merupakan tanaman menarik dengan bunga jingga atau putih yang eksotis.

Bunga Cendrawasih berasal dari Afrika. Tanaman ini cocok ditanam di wilayah yang memiliki suhu hangat. Daerah tropis apalagi Aceh jelas sangat cocok sebagai kawasan tumbuh Bunga Cendrawasih ini.

Memang, dibandingkan banyak tanaman hias lainnya, Bunga Cendrawasih tidak terlalu populer—katakanlah dibandingkan dengan Janda Bolong, jelas ia kalah pamor.

Namun, dikutip dari Country Living, di Amerika Serikat sana Bunga Cendrawasih mendadak populer baru-baru ini. Menurut Darryl Tackoor, salah satu pendiri PlantVine, walaupun Bunga Cendrawasih memiliki daun lebar tapi perawatannya sangat mudah.

“Jika menginginkan tanaman yang dramatis dan dapat diandalkan, ini adalah [tanaman] yang tepat,” ungkapnya. Namun, tanaman ini tidak akan berbunga jika ditempatkan di dalam ruangan.

So, jika tertarik menanamnya, berikut ini beberapa tips merawat Bunga Cendrawasih yang layak Sahabat Sigupai ketahui.

Cahaya

Menurut Tackoor, Bunga Cendrawasih toleran terhadap kondisi cahaya apa pun. Namun, tanaman ini lebih menyukai cahaya sedang hingga terang.

Seperti kebanyakan tanaman tropis, tanaman ini tidak tumbuh dengan baik di ruangan gelap. Jadi, saran Tackoor, bila nekat menanamnya di dalam rumah, letakkan pot Bunga Cendrawasih di dekat jendela yang menghadap ke selatan, timur, atau barat yang cerah. Atau, belilah lampu LED yang murah.

Baca Juga: Teknik Menyiram Tanaman Cabai agar Subur dan Berbuah Lebat

Jika sahabat berencana memindahkannya ke luar ruangan, misalnya ke teras atau balkon, lakukan penyesuaian secara bertahap dengan sinar matahari penuh selama satu atau dua pekan. Bawa kembali ke dalam ruangan sebelum suhu malam hari turun di bawah 60 derajat.

Cara Merawat Bunga Cendrawasih

Meskipun ini tanaman tropis, sebenarnya Bunga Cendrawasih lebih suka berada di tanah yang lebih kering. Penyiraman tanaman hanya dilakukan bila tanah dalam pot sudah setengah kering. Jadi, siram seperlunya saja atau beberapa pekan sekali.

Dengan sering memantau pertumbuhannya, sahabat nanti akan tahu kapan Bunga Cendrawasih tersebut membutuhkan “minum”. Tentu, jangan menunggu sampai tanaman layu baru disiram. Atau, mengguyurnya dengan terlalu banyak air hingga tanaman basah kuyup. Tindakan ini, kata Tackoor, cara terbaik untuk “membunuh” Bunga Cendrawasih.

Durasi pertumbuhan Bunga Cendrawasih tergolong sedang. Jadi, dalam beberapa tahun sahabat mungkin mendapati akar tanaman dewasa yang mulai mendorong keluar dari bagian bawah pot.

Akar itu bisa dikeluarkan dan ditanam di pot yang baru atau dipangkas agar pertumbuhan Bunga Cendrawasih tetap terlihat cantik. Cara ini bertujuan menyegarkan kembali tanaman.

Di alam liar, tinggi Bunga Cendrawasih bisa mencapai enam meter. Tapi di dalam ruangan, kata Tackoor, tingginya hanya akan mencapai sekitar tiga meter setelah bertahun-tahun.

Ujung Daun Coklat

Ujung daun berwarna coklat menjadi salah satu kelemahan Bunga Cendrawasih. Kemungkinan hal ini disebabkan air yang disiramkan ke tanaman mengandung klorin.

Cara mengatasinya, kata Tackoor, ganti dengan air lain. Atau, diamkan air yang biasa dipakai satu hingga dua hari agar kandungan klorin menghilang. Baru setelah itu disiram ke tanaman.

Baca Juga: Simak 9 Tips Cara Meminimalisir Debu di Rumah

Tak Perlu Pupuk

Sahabat tidak usah khawatir soal pasokan makanan untuk Bunga Cendrawasih karena tanaman ini pengumpan cahaya. Sahabat tidak perlu memanjakannya dan inilah salah satu alasan menyukai tanaman hias yang kurang terkenal tapi eksotis ini.

Namun, jika sahabat ingin memberinya makan, pupuk cair menjadi asupan yang baik. Berikan pupuk cair sekitar sebulan sekali saat tanaman ini sedang tumbuh aktif.

Semoga beberapa tips di atas membantu sahabat dalam merawat Bunga Cendrawasih ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.